Membentuk tim solid

Sebuah tim dibentuk terdiri dari orang-orang  yang ahli di bidang masing-masing, bekerja sama saling melengkapi dan semua sukses mencapai tujuan. Menurut Robert G Allen dalam bukunya The One Minute Millionaire, untuk
membentuk sebuah tim yang solid, orang-orang di dalamnya setidaknya memiliki 4 karakter berbeda, antara lain:

1. Kelinci
Kelompok dengan karakter Kelinci, memiliki ide atau imajinasi paling liar. Mereka termasuk cerdas, brilian, dan cerdik karena dapat berpikir di luar aturan baku yang ada alias “out of the box”. Jika tidak memiliki teman berkarakter burung hantu, kura-kura, dan tupai, kelompok kelinci dapat menjadi sangat menyebalkan karena tidak terstruktur.

2. Burung hantu
Kelompok berkarakter burung hantu adalah mereka yang mampu menyusun rencana detail untuk mewujudkan ide dari si Kelinci dengan kemampuan analisa yang tinggi.

3. Kura-kura
Kelompok ini sedikit pesimis sehingga selalu berusaha mencari celah menemukan kelemahan suatu peluang/ide. Tipe ini dibutuhkan agar rencana yang dibuat tim dapat dinilai dengan objektif serta mengevaluasi kelemahan-kelemahan terhadap ide yang dibuat oleh “kelinci” dan analisa “burung hantu”.

4. Tupai
Mereka yang termasuk kelompok ini adalah tipe orang yang mengerjakan tugasnya sesuai prosedur operasional yang ada, runtut, dan terstruktur. Pada akhirnya dialah yang akan menyimpulkan ide si “kelinci”, analisa si “burung hantu” dan lubang-lubang kelemahan dari si “kura-kura”.

Idealnya susunan sebuah tim harus terdiri dari 4 karakter orang tersebut di atas. Jika anggota tim hanya terdiri dari para “kelinci”, maka tim akan terus mendapatkan ide-ide kreatif yang tidak terealisasi. Begitu pula tim yang terdiri dari para “tupai” mereka akan bekerja dengan pola yang sama dari waktu ke waktu. Anggota tim yang terdiri dari “burung
hantu”, bisa dipastikan tim tersebut akan menghasilkan rencana seperti budget plan, jadwal cuti, pembagian tugas, delegasi dsb.

Sebaliknya tim yang terdiri dari “kura-kura” akan terlibat nostalgia sepanjang masa. Jika keempat karakter tersebut diatas dianalogikan dengan analisa manajemen bisnis SWOT, maka (S – Strengths) akan diwakili oleh “burung hantu”, (W – Weaknesses) diwakili oleh “kura-kura”, (O – opportunities) diwakili oleh “kelinci”, dan (T – Threats) oleh si “tupai” yang mengantisipasi segala ancaman. Selanjutnya, jika keempat unsur ini bersinergi membangun sebuah sistem, maka akan tercipta sistem yang kuat, efisien, dan dinamis seiring dengan perkembangan jaman dan tentu saja, ide-ide dari si “kelinci”. Semoga bermanfaat ^^,.

disarikan dari TDW University

Iklan

3 tanggapan untuk “Membentuk tim solid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s