Tools “imut” bagi pengembang mobile web

Sudah lama sekali saya tidak corat-coret dihalaman ini dikarenakan berbagai kesibukan, kemalasan mungkin ungkapan yang lebih tepat. Malas untuk meluangkan waktu, malas untuk berpikir dan mengingat, serta malas untuk mendokumentasikannya ke buku harian digital ini (baca: blog). Sudah ah, terlalu lama cuap-cuap untuk pembukaan saja bisa-bisa semangat saya untuk menulis kembali kandas sebelum terkembang, hahay.

Berawal dari rutinitas 3 minggu terakhir ini dalam upaya menukangi portal digital yang ngendon disini. Sebuah situs sederhana yang bergenre informasi (terbatas), khusus diperuntukkan bagi kami-kami saja (tiada yang lain). Siapa “kami”? kami adalah saya dan rekan-rekan sesama CPNS di salah satu kementerian RI, komunitas atas dasar kesamaan profesi dan nasib.

Apa hubungannya tools web developer dengan komunitas yang saya sebutkan tadi? Ada dunk, kalau tidak mana mungkin saya dengan pedenya menuliskan judul yang jaka sembung. Tadinya situs yang saya gawangi itu ditenagai cms joomla, sudah menjadi “bisik-bisik” tetangga kalau si mas joomla ini tambun dan relatif lambat (baca: bila dibandingkan cms lain seperti drupal, expression engine, atau wordpress). Nah, permasalahannya nambah lagi ketika teman-teman saya itu mengakses si situs lewat opera mini maklum generasi mobile. “Waduh, bang mimin kok ng-loadnya lama ya?” begitulah keluh-kesah teman-teman ke saya.

Akhirnya kami, saya dan pengurus tpp2010.com, mengalah dan memutuskan untuk membuat versi mobile situs tpp2010.com tadi dengan tujuan agar bisa lebih ngacir (baca: accessibility). Berbagai persiapan dan strategi pun dilakukan sampai pada tahap decisioning kami pun terhenti sejenak, “To, kayaknya kita harus bikin template baru yang support xhtml“. Itu lho, format laman website yang bisa dibaca cantik di smartphone atau hape yang sudah mendukung wap 2.0. Keputusan pun dibuat, daripada bolak-balik nyetel hape buat ngeliat hasil kerja CSS (bisa-bisa pulsa jebol) maka mau tidak mau patner crime saya (baca: laptop) harus dipersenjatai web browser yang mendukung xhtml dan wap.

Pejelajahan pun sampai ke portal opera, setelah sedikit mengacak-ngacak ketemu juga mainan tools yang dinanti-nati. Tadaa, here they are…

  1. opera dragonfly;
  2. opera mobile emulator; dan
  3. opera mini simulator.

Terima kasih saya ucapkan buat opera, mission accomplished dan m.tpp2010.com now is available. “Rasain lho, gak ada lagi alasan buat malas ngebuka situs tpp2010.com“, saya pun berceletuk buat merayakan kemenangan ini. Cihuy, makan-makan. Sepertinya itu dulu postingan saya kali ini, mungkin buat rekan-rekan yang sudah tidak sabar ingin mencoba lebih lanjut tentang tools diatas silakan baca sekilas penampakannya disni. Semoga bermanfaat dan salam hormat. Adios!

Iklan

2 tanggapan untuk “Tools “imut” bagi pengembang mobile web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s